Masalah Keanggotaan

Masalah keanggotaan MAPIN adalah salah satu masalah yang selalu ditanyakan oleh anggota “terdaftar” maupun “yang merasa sudah mendaftar”. Hal ini terjadi karena basis data keanggotaan yang tidak pernah tertangani dengan tuntas dalam suatu sistem yang rapi. Diakui atau tidak, ini adalah penyakit yang selalu diderita oleh organisasi massa dimanapun berada, apalagi yang mempunyai wilayah keanggotaan yang luas.

Untuk mengatasi masalah ini, dalam rapat di awal tahun 2007, Pengurus Pusat telah memutuskan bahwa pengelolaan keanggotaan akan dilimpahkan ke masing-masing Komisariat Wilayah. Sehingga masing-masing Komwil mempunyai otoritas dalam mendata sekaligus mengelola keanggotaan yang ada, dimana antara lain meliputi pembuatan kartu anggota dan juga penarikan iuran anggota.

Bentuk Kartu Anggota akan diseragamkan, mengikuti bentukan yang telah ada sebelumnya (seperti layaknya kartu ATM, dimana di bagian depan adalah nama dan nomor anggota, sedangkan di bagian belakang ada tanda tangan pemilik).

Kartu Contoh

Logo yang terdapat di bagian belakang kartu adalah loga mitra MAPIN (atau mitra Komwil) yang bisa dijadikan mitra kerjasama dalam kegiatan. Komwil mempunyai otoritas dalam menentukan mitra kerjasamanya.

Formulir keanggotaan juga diseragamkan, dan yang membedakan adalah hanya alamat penyerahan formulir/sekretariat, yang tentunya mengacu pada masing-masing Komwil.

Data keanggotaan yang sudah ada di Pengurus Pusat akan dipilah sesuai dengan domisili dari anggota untuk kemudian akan diserahkan pada pengurus Komwil, sebagai bahan basis data.

Proses pendelegasian pengurusan keanggotaan akan memakan waktu yang tidak singkat, karena terkait dengan sosialisasi keputusan ini pada masing-masing Komwil, dan juga pada anggota MAPIN. Proses saat ini sedang berlangsung, dan dimohon kesabaran bagi semua pihak.

-hartanto-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: