Pertemuan Koordinasi Pengurus

Rapat 15 Januari 2008Pada tanggal 15 Januari 2007 telah diadakan rapat Pengurus Pusat MAPIN dan dihadiri juga oleh beberapa Pengurus Komisariat Wilayah MAPIN. Pengurus Komwil yang hadir adalah Bapak Tang Anthoni (Riau), Bapak Risman Situmeang (Kaltim), Bapak Bambang E. Leksono (Bandung), Bapak Nanang Samodra (Mataram), dan Bapak Suwahyuono (Jabodetabek). Sedangkan dari PP-MAPIN yang hadir adalah Ketut Wikantika, Hartanto Sanjaya, Muhamad Sadly, Projo Danoedoro, dan Laju Gandharum.

Rapat ini adalah pertemuan koordinasi awal tahun dalam menyongsong tahun kegiatan 2008. Beberapa hal dibicarakan dan didiskusikan disini, antara lain: Perubahan Paradigma MAPIN, Pertemuan Ilmiah Tahunan, Respon terhadap Bali Road Map (hasil pertemuan UN-FCCC di Bali bulan Desember 2007 lalu), dan beberapa rencana kegiatan tahun 2008 ini.

Perubahan Paradigma MAPIN, mengusung tekad dalam mengubah cara kerja dan cara pandang pengurus dalam menjalankan organisasi. Sejak MAPIN didirikan para pemimpin MAPIN adalah para petinggi/pejabat pada institusi masing-masing. Hal ini membawa MAPIN pada kondisi tidak mandiri dalam melaksanakan kegiatannya, terutama dalam pelaksanaan kegiatan. Kepengurusan saat ini berusaha menjalankan organisasi dengan lebih mandiri, dan menjadikan keputusan dalam berkegiatan bersifat kolektif. Usul dan pelaksana utama tidak bertumpu pada kebijakan/inisiatif Ketua Umum saja, tetapi sangat diharapkan akan datang dan juga dapat dilaksanakan oleh pengurus lain (pendelegasian).

Beberapa kebijakan sentralisasi akan diubah menjadi desentralisasi, dengan menjadikan Komwil menjadi ujung tombak pelaksanaan. Kebijakan ini antara lain pada pelaksanaan pengaturan teknis keanggotaan, dan juga penyelenggaraan kegiatan lokal/ nasional/ internasional tahunan. Komwil diharuskan dapat mengadakan kegiatan yang bersifat lokal atau nasional/ internasional dua kali dalam tiga tahun periode kepengurusan. Manajemen keanggotaan telah diatur dalam petunjuk teknis, dan akan segera diterapkan pada semua Komwil MAPIN.

Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) MAPIN akan diadakan pada tingkat internasional seperti pada PIT MAPIN yang baru lalu (Desember 2007 di Banda Aceh). Bahan makalah pada PIT MAPIN dapat diajukan untuk menjadi pengisi IJORS (Indonesian Journal of Remote Sensing, Jurnal MAPIN), dengan tatacara sesuai ketentuan Jurnal MAPIN. Saat ini IJORS telah mempunyai Reviewer para ahli Remote Sensing dari mancanegara. Dalam setiap PIT akan dilakukan pemberian penghargaan untuk Makalah, Presentasi, Institusi Pemerintah dan Swasta, sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan Pengurus.

Penyelenggaraan PIT bisa dilakukan dengan bekerjasama dengan organisasi profesi lain yang terkait. Sedangkan tuan rumah PIT tidak ditunjuk langsung, tetapi melalui pengajuan oleh Komwil yang berminat. Pengajuan peminatan akan diatur tatacaranya kemudian.

Pengurus sangat mendukung inisiatif dari Komwil Surabaya dan Komwil Bali, yang akan mengadakan Bali Scientific Meeting 2008 bekerjasama dengan SEACORM (Badan Riset Kelautan dan Perikanan, Departemen Kelautan) di Perancak pada awal tahun 2008 ini.

Respon terhadap Bali Road Map antara lain adalah sosialisasi hasil UNFCC ke semua Komwil MAPIN, sesuai dengan bidang terkait pada keilmuan MAPIN. Kontribusi MAPIN dapat dilakukan melalui bentuk pelatihan atau workshop sesuai tema yang terkait. Sangat diharapkan adanya kolaborasi dengan organisasi profesi, Instansi Pemerintah dan Swasta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: