PIT dan Kongres MAPIN th 2010

PIT dan Kongres MAPIN tahun 2010

PIT dan Kongres MAPIN tahun 2010

Pertemuan Ilmiah Tahunan yang ke-17 dan Kongres yang ke-5 MAPIN telah dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2010. Acara diadakan di IPB International Convention Center (IICC) dan dihadiri oleh lebih dari 200 ahli penginderaan jauh Indonesia.

Pada PIT kali ini dipresentasikan sekitar 50 makalah oleh para ahli penginderaan jauh, terkait dengan hasil penelitian dan atau aktifitas mereka yang terbaru. Selain itu juga ada sesi poster untuk menampilkan hasil penelitian dan atau aktifitas yang tidak dipresentasikan pada acara PIT tahun ini.

Rangkaian acara PIT dan Kongres ini telah dimulai pada tanggal 8 Agustus 2010, yaitu pra-kongres, dimana dihadiri oleh Pengurus Pusat dan perwakilan dari Komisariat Wilayah (Komwil) MAPIN. Hadir pada acara ini dari Komwil Aceh, Jabodetabek, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Pada pra-kongres dibahas mengenai draft Amandemen AD dan ART MAPIN. Draft ini sebenarnya telah digodok lama, yaitu sejak Kongres tahun 2003 dan telah dimatangkan kembali oleh tim Steering Committee menjelang acara Kongres tahun 2010 ini. Banyak masukan dalam bentuk perbaikan atau tambahan pada draft tersebut. Acara diskusi yang dimulai pada jam 14:00 diakhiri hingga jam 20:00, dan dilanjutkan dengan Welcome dinner di Cafe Taman Koleksi IPB.

Senin, tanggal 9 Agustus 2010 adalah acara puncak.

Suasana Rangkaian Pembukaan PIT dan Kongres MAPIN th 2010

Suasana Rangkaian Pembukaan PIT dan Kongres MAPIN th 2010

Dimulai dengan rangkaian acara pembukaan, yaitu Laporan dari Ketua Panitia Dr. Alinda F.M. Zain,  dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Wakil Rektor IPB Bidang Riset dan Kerjasama Dr. Anas M. Fauzi mewakili Rektor IPB. Kemudian dilanjutkan dengan invited speaker Dr. Teruhisa Komatsu dari UNESCO yang memaparkan “Satellite remote sensing is a key for coastal integrated coastal management“, dan lecture guest dari Kepala BAKOSURTANAL, Dr. Asep Karsidi melalui rekaman video karena yang bersangkutan sedang berada di Australia.

PIT dilaksanakan dalam enam sesi paralel, yaitu:

  1. Sesi A : Peranan Remote Sensing untuk Ketahanan Pangan
  2. Sesi B : Pemetaan Global untuk Sumberdaya Alam
  3. Sesi C : Teknologi Informasi Geospasial
  4. Sesi D : Peran Remote Sensing dalam Mitigasi Bencana
  5. Sesi E : Peran Remote Sensing dalam Pengelolaan Laut dan Pulau-Pulau Kecil
  6. Sesi F : Remote Sensing dan Perubahan Iklim
Suasana presentasi pada sesi paralel

Suasana presentasi pada sesi paralel

Peserta PIT terlihat antusias dengan beragam tema yang ada, terlihat dari sebaran peserta yang relatif merata pada masing-masing sesi paralel. Pada masing-masing sesi dipimpin oleh dua moderator.

Suasana sesi poster

Suasana sesi poster

Tim penilai memilih 5 (lima) makalah terbaik, 6 (enam) penyaji terbaik, dan 6 (enam) poster terbaik. Makalah terbaik adalah:

  • Ekstraksi Kandungan Air Kanopi Daun Padi dari Data Ground Field Spectrometer dan Airborne-Hyperspectral, oleh Agus Wibowo, Bangun Muljo Sukojo, Teguh Harianto, Yusuf Surachman Djajadihardja.
  • Aplikasi Metoda Linear Spectral Unmixing pada Citra Hyperspectral untuk Pengamatan Sebaran OPT BLB Tanaman Padi (Studi Kasus: Subang); oleh Lisa Nisfi Afifah, Hartanto Sanjaya.
  • Pengkajian Efektivitas Proses Speckle Filtering pada CITRA ALOS PALSAR – DUAL POLARIZATION menggunakan beberapa Algoritmass; oleh Muchammad Soleh, Katmoko Ari Sambodo, Hidayat Gunawan
  • Pengaruh Faktor C yang Diturunkan dari Berbagai Indeks Vegetasi Citra Landsat 7 ETM+ pada Pemodelan Erosi yang Sepenuhnya Berbasis Raster (Studi Kasus di DAS Merawu, Banjarnegara, Jawa Tengah); oleh Bambang Sulistyo, Totok Gunawan, Hartono, dan Projo Danoedoro.
  • Analisis Hubungan Antara Jumlah Titik-titik Panas (Hotspots) dengan Luas Kebakaran Hutan dan Curah Hujan; oleh Rizaldi Boer, M. Ardiyansah, Indah Prasasti, Rahman Siddiki.

Penyaji terbaik pada masing-masing sesi adalah:

  • Agustan
  • Cyrke A.N. Bujung
  • Katmoko Ari Sambodo
  • Kustiyo
  • M. Evri
  • Muhammad Helmi

Dan 6 (enam) poster terbaik adalah:

  • Anneke K. S. (P.5.4)
  • Baba Barus (P.4.6)
  • Ety Parwati (P.5.3)
  • Inggit Lolitasari (P.1.2)
  • Nanin Anggraini (P.2.1)
  • Tatik Kartika (P.4.9)
Penerima Award

Penerima Award: Muhammad Helmi (Sutanto Award), Agus Wibowo (Jacub Rais Award), dan Inggit Lolita (Indroyono Award)

Setelah istirahat siang, acara dilanjutkan dengan pembagian Award. Tim penilai yang terdiri dari Steering Committee dan moderator menetapkan yang berhak mendapatkan award, yaitu:

  • Jacub Rais Award untuk makalah terbaik : Agus Wibowo
  • Sutanto Award untuk penyaji terbaik : Muhammad Helmi
  • Indroyono Award untuk poster terbaik : Inggit Lolitasari

Ketiganya mendapatkan plakat dan sertifikat yang diserahkan oleh Ka Komwil Jabodetabek (Bp Suwahyuono), Ka Panitia (bu Alinda) dan SC (Bp Ernan Rustiadi).

Kongres V MAPIN

Kongres MAPIN dipimpin oleh Dr. Ernan Rustiadi, Prof. Mahmud Raimadoya, Dr. Agus Hidayat, dan Dr. Suwahyuono. Pada Kongres ini dibahas mengenai:

  • Laporan pertanggungjawaban Pengurus Pusat MAPIN tahun 2006 – 2009 oleh Ketua Umum Dr Ketut Wikantika.
  • Pembahasan dan pengesahan mengenai amandemen Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga MAPIN
  • Pemilihan Ketua Umum MAPIN periode 2010 – 2013

Laporan pertanggungjawaban diterima oleh peserta Kongres setelah dipaparkan oleh Ketua Umum dan ditanggapi dengan antusias oleh peserta Kongres. Keterbukaan dan semangat kebersamaan untuk menjadikan MAPIN lebih baik lagi sangat terlihat kental.

Laporan Pertanggungjawaban

Laporan pertanggungjawaban oleh Dr. Ketut Wikantika

Draft Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga juga mendapat perhatian yang sangat tinggi dari peserta, dan terjadi diskusi yang sangat menarik untuk beberapa isu antara lain:

  • Perubahan nama dari Masyarakat Penginderaan Jauh Indonesia menjadi Masyarakat Ahli Penginderaan Jauh Indonesia.
  • Pernyataan eksplisit pada salah satu pasal yang menyatakan bahwa MAPIN adalah organisasi profesi
  • Pernyatan eksplisit Kualifikasi dan Sertifikasi keahlian penginderaan jauh

Tepat pada pukul 17:30 WIB tanggal 9 Agustus 2010, peserta Kongres menyetujui dan mensyahkan Amandemen Anggaraan Dasar dan Anggaran Rumah Tangga MAPIN dengan aklamasi.

Pemilihan Ketua Umum MAPIN juga sangat diwarnai dengan semangat mufakat. Dan setelah terusulkan 7 (tujuh) kandidat Ketua Umum, akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum MAPIN melalui musyawarah dan mufakat yaitu Dr. Dewayany.

Selamat untuk Dr. Dewayany atas terpilihnya menjadi Ketua Umum MAPIN.

Selamat untuk MAPIN dan seluruh anggotanya, yang telah melaksanakan PIT dan Kongres dengan lancar dan sukses, dan berhasil mengamandemen AD dan ART dan memilih Ketua Umum untuk periode selanjutnya.

Selamat untuk P4W-IPB dan Komwil Jabodetabek sebagai Panitia dan Penyelenggara PIT dan Kongres tahun 2010 ini, yang telah menyelenggarakan acara ini dengan sangat baik. Juga dukungan dari Kemenkokesra, Bakosurtanal, LAPAN, BPPT, IPB, dan beberapa institusi swasta pada acara ini.

Mari kita bersama menjadikan MAPIN menjadi lebih baik dan lebih berguna bagi bangsa dan negara tercinta.

3 Tanggapan

  1. Selamat atas terbentuknya struktur pengurus MAPIN yang baru! Saatnya merangkul rakyat MAPIN!

  2. Selamat atas suksesnya PIT MAPIN 2010 n Selamat pula untuk Dr. Dewayany atas terpilihnya sbg Ketua MAPIN yg baru. Semoga MAPIN semakin berjaya dlm memajukan iptek, khususnya peranan inderaja dlm pembangunan ke depan.

  3. Selamat atas terselenggaranya Kongres Mapin V dan PIT MAPIN XVII atau XVIII di IICC Bogor (mana yang benar? sebab di Bandung yang ke XVII juga). Semoga pengurus baru yang terpilih dapat melanjutkan dan mengembangkan roda organisasi yang lebih bai dan lebih maju lagi di masa yang akan datang !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: