SEMINAR NASIONAL GEOMATIKA

PENGELOLAAN SUMBERDAYA DAN PENANGGULANGAN BENCANA ALAM :

PELUANG & TANTANGAN INFORMASI GEOSPASIAL

Balai Penelitian Geomatika
BAKOSURTANAL
Cibinong, 5-6 April 2011

Kebutuhan akan data geospasial pada saat ini makin mengemuka di masyarakat. Seiring dengan perkembangan penduduk dan semakin kompleksnya permasalahan yang dihadapi dunia dewasa ini, menjadikan data geospasial sebagai sebuah kebutuhan yang vital. Indonesia yang merupakan negara kepulauan juga dihadapkan pada kebutuhan atas data geospasial seperti yang menjadi kebutuhan dunia. Kebutuhan Indonesia atas data spasial ini semakin nyata dirasakan ketika terjadi peristiwa kebencanaan yang kerapkali menimpa bagian wilayah Indonesia belakangan ini.

Data geospasial tidak hanya dibutuhkan pada saat setelah terjadi bencana, tetapi dibutuhkan semenjak awal kegiatan perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi kegiatan pelaksanaan pembangunan dilakukan. Diharapkan dengan ketersediaan dan pemanfaatan data geospasial yang berkualitas pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya dapat tercapai secara berkelanjutan. Kegiatan pembangunan yang dilakukan tanpa dukungan data geospasial yang memadai kebanyakan akan menghadapi berbagai masalah atau bahkan menemui kegagalan.

Indikator berjalannya pembangunan dapat dilihat pada tumbuh dan berkembangnya kegiatan investasi dan usaha. Suatu wilayah umumnya akan tumbuh dan berkembang jika pada wilayah bersangkutan diketahui memiliki potensi sumberdaya yang dapat dieksplorasi dan diusahakan. Makin tingginya kebutuhan hidup dan makin terbatasnya sumberdaya, menuntut kita semua untuk semakin bijak dalam memanfaatkan sumberdaya yang kita dimiliki. Dengan mengetahui potensi dan sumberdaya yang kita miliki, diharapkan kita dapat melaksanakan pembangunan negara secara berkelanjutan.

Informasi geospasial yang diperlukan bagi NKRI adalah informasi yang dapat dijadikan dasar untuk perencanaan dan pengelolaan sumberdaya alam, sumberdaya wilayah, sumberdaya manusia dan sumberdaya binaan. Ketersediaan informasi geospasial tersebut diharapkan dapat mendukung tercapainya target pemerataan pembangunan dan kesejahteraan rakyat di dalam kerangka NKRI yang stabil dan aman. Untuk mencapai target tersebut maka perlu dipastikan terkait kepastian hukum, keterpaduan, keterbukaan, kemutakhiran dan keakuratan dalam penyelenggaraan informasi geospasial.

Informasi lebih lengkap klik disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: