Prosiding MAPIN

Untuk dapat memperoleh buku Prosiding MAPIN, anda dapat menghubungi Bapak Mulyanto Darmawan secara langsung di Pusat Survei Sumberdaya Alam Darat BAKOSURTANAL gedung H lt. 2. Jln Raya Jakarta Bogor km 46 Cibinong, atau melalui alamat email: drmoel@yahoo.com

Cover Prosiding MAPIN

Pengganti biaya cetak Rp. 300.000, Pembayaran dapat dilakukan secara langsung (tunai) atau transfer ke rekening:

1. BNI Cab Bogor, No Rek: 140701812 atas nama Dewayany Sutrisno, atau

2. BNI, No.Rek: 0003128304 atas nama Ir. Janthy T.H. Siswanto.

11 Tanggapan

  1. Saya kira Buku semacam itu kurang layak kalau diperjualbelikan.

    Aroma Bisnis “Ilmu” sangat kental…

    Salam,

    Rudin Hamsyah

    • Pak Rudin Yth,
      Izinkan saya sedikit menambahkan keterangan yang sudah disampaikan pak Darmawan. Insya Allah, tidak niat sama sekali utk bisnis “ILMU” karena akan sangat merugi “sharing Ilmu” yang bisa mnejadi “amalan” malah menjadi sia-sia krn “ilmunya di bisnis kan”.

      Namun demikian, sbg organisasi non profit, maka kami tidak mempunyai dana, atau tepatnya belum mempunyai dana utk mencetak prosiding, mengingat ketika kami menerima estafet kepengrusan, kami harus memulai segalanya dari “awal”.

      Dengan demikian, mhn untuk “saling mengerti” untuk sama2 mengembangkan organisasi ini dengan tidak saling sak wasangka, karena hanya akan menoreh kekecewaan bagi mereka yang sudah bekerja keras dan tanpa pamrih bagi penyelesaian proceeding dan pengembangan organisasi ini.

      salam MAPIN
      ALINDA
      Sekjen MAPIN

  2. Ada baiknya disebutkan bahwa biaya tersebut sebagai pengganti biaya cetak, jasa editor (bila ada), promosi, subsidi perbanyakan untuk perpustakaan, dan biaya2 lainnya. Dengan demikian para “pembeli” bisa merasa lebih nyaman.
    Semoga berkenan.
    Salam..

  3. terimakasih buat tanggapan dan sarannya…

  4. Pak Rudin dan pak Regan yth..
    Terima kasih atas masukannya. Akan kami sampaikan ke pengurus Mapin.
    Harga tersebut adalah hasil kesepakatan pengurus MAPIN dalam rapat2 pengurus di IPB dan BAKOSURTANAL.
    Memang betul itu pengganti ongkos cetak pak, dan subsidi silang. Semua pekerjaan dilakukan staf-Bakosurtanal dan Mhs IPB secara sukarela tanpa mengambil keuntungan dari jual proceding tsb.
    MAPIN kesulitan mencari percetakan yang bersedia mencetak dibawah 100 buku, sementara pada waktu konggress yang pesan hampir tidak ada.
    Diperlukan sekitar 50 buku untuk menutupi pinjaman MAPIN dengan harga yang kami cantumkan.

    MDarmawan

  5. Salam semua,

    Ada baiknya minimal halaman muka (sampul sampai daftar isi dan kontributornya) dibuat pdf-nya dan diupload ke web agar semua orang bisa mempertimbangkan akan membeli atau tidak. Dengan berkembangnya segala publikasi yang elektronik (e-journal, e-book, dll), saya pikir wajar Pak Rudin berpikiran demikian, apalagi salah satu kegiatan (Geomarine Research Forum) bisa diakses pdf-nya.
    Mohon maaf jika tidak berkenan.

    bambang

  6. Keterbatasan Dana untuk sebuah Organisasi Non Profit merupakan sebuah Tantangan besar bagi Organisasi terssebut.

    Ini PR terbesar MAPIN bagaimana caranya memperoleh Dana secara baik dan benar, tanpa “memperjualbelikan” sebuah “ilmu” dengan Harga yang Saya kira cukup mahal.

    Semoga Organisasi ini tidak hanya didompleng oleh beberapa pihak yang berniat tenar untuk mengejar “project” keilmuan.

    Semangat untuk Pengurus. Semoga ekseternalnya bisa dijadikan solusi konkrit, terutama dalam hal permasalahan pendanaan..

    Salam,

    Rudin Hamsyah

  7. pak Rudin.. mahal dan murahnya sebuah proseding saya kira relatif.. Untuk ukuran sebuah proseding MAPIN dengan reviewer harga tersebut sebenarnya relatif murah. Bila dibanding dengan seminar yang diadakan di luar negeri, terakhir saya seminar di Chiangmai harus merogoh kocek 300 US$ untuk sebuah proseding yang saya kira hanya berupa kumpulan makalah.

    Entah bapak pernah ikut PIT atau tidak, namun Selama saya mengikuti konggres MAPIN, seingat saya Mapin selalu menjual proseding sekitar harga itu pak. Pernah pula pada PIT MAPIN tahun 2006 di Surabaya dicetak menjadi 3 buku karena banyaknya paper yang masuk. Untuk satu proceding seharga 250 rb. Sehingga pada waktu itu saya dan bu dewayani patungan membeli ketiga buku cetakan tersebut seharga 750.000.
    Untuk proseding kali ini tadinyapun kami merencanakan mencetak menjadi 3 buku. hanya karena jumlah paper yang masuk tidak memungkinkan kami mencetak hanya dalam 1 buku.

    Bagi seorang peneliti macam saya proseding adalah salah satu sumber referensi, dan yang pasti lebih murah daripada sebuah buku. Jadi akan selalu dinantikan.

    saya tidak faham yang bapak maksud mengejar project keilmuan. Hanya rasanya terlalu naif bila menyampaikan adanya pihak-pihak yang mengejar project dari penjualan proceding.

    salam,

    Mulyanto Darmawan

  8. Salam,

    Saya setuju dengan Pak Bambang, mohon pihak pengurus MAPIN memberikan semcam indeks atau daftar isi dari prosiding yang ditawarkan dalam bentuk pdf atau format lainnya. Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi yang berminta.

    Salam
    Arif

  9. Salam kenal

    untuk harga saya kira itu wajar..saya setuju dengan Bapak Bambang dan Bapak Arip untuk mencantumkan overview prosiding Mapin yang minimal terdiri dari cover dan daftar isi berformat *Pdf..

    Salam

  10. Yth. Pengurus Mapin,
    Terimakasih atas terbitnya prosiding yang kami tunggu2 sejak tahun lalu akhirnya bisa tercetak dan kami dapatkan. Akan tetapi saya ada pertanyaan besar, bagaimana bisa paper saya tidak masuk dalam prosiding tersebut?? Padahal paper saya sudah acepted dan sudah saya presentasikan (poster) di IPB. Mohon penjelasan dari pihak panitia akan hal ini. Jelas ini merupakan kesalahan fatal.
    Judul paper saya : PEMODELAN 3D BANGUNAN ARKEOLOGI BESAR MENGGUNAKAN TEKNOLOGI TERRESTRIAL LASER SCANNER (TLS) oleh Ruli Andaru dan harintaka

    salam
    Ruli Andaru
    Jurusan Teknik Geodesi FT UGM
    Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

