PIT MAPIN XIX Sukses Dilaksanakan

Alhamdulillah PIT MAPIN XIX di Unhas Makassar telah selesai dilaksanakan.  Hari  pertama tanggal 7 Juni, sesi pertama acara dimulai oleh sambutan ketua oleh Bu Dr. Nurjanah yang menyampaikan bahwa PIT MAPIN kali ini menerima 120 lebih abstrak,  darinya 87 menjadi full paper  yang dipresentasikan pada sesi paralel.  Selanjutnya ketua umum MAPIN bu Dewayany memberikan sambutan seputar perkembangan MAPIN yakni: dalam jangka dekat MAPIN akan menambah satu lagi komisariat wilayahnya dari Bengkulu, MAPIN telah resmi menjadi lembaga ahli profesi yang telah disyahkan oleh Kemenkumham, dan pada tahun 2013 MAPIN akan menjadi host pelaksanaan Asean Conference for Remote Sensing (ACRS) di Bali.

Setelah itu Rektor Unhas Prof.Dr.dr.Idrus A Paturusi memberikan sambutan.  Dalam sambutannya Rektor Unhas mencuplik cerita kesiapan Jepang dalam menghadapi bencana, khususnya tsunami 2011 lalu. Menurutnya tata ruang wilayah Jepang yang rawan tsunami di sepanjang pantainya telah dibentengi dinding beton tinggi mencapai 8-10 m. Namun ternyata tsunami datang lebih dari itu. Tentunya akan lebih akibatnya jika tanpa pembangunan dinding tersebut. Ditambahkannya, dua minggu setelah kejadian listrik telah beroperasi kembali, juga lekas dilakukan penataan pada daerah yang rawan dan rehabilitasi pasca stunami. Indonesia hendaknya mencontoh hal tersebut. Menurutnya beda tsunami Aceh 2004 dan tsunami Jepang 2011 jika ditilik dari kerugiannya adalah di Aceh kita banyak korban jiwa namun ditilik dari ekonomi tsunami Jepang lebih besar kerugiannya.

Kepala Badan Informasi Geospasial Dr. Pak Asep Karsidi   sebagai pembicara kunci memaparkan sosialisasi UU Informasi Geospasial untuk penataan ruang. Pak Asep menyampaikan tentang One Map dan One Gate Policy. One Map yang dimaksud Pak Asep adalah bahwa peta yang digunakan sebagai bahan pembuatan peta tematik harus merujuk pada satu sumber peta dasar. Dan setiap peta tematik yang dikeluarkan merujuk pada satu wali data. Sedangkan One Gate policy adalah kebijakan pengaturan pembelian citra satelit resolusi spasial tinggi. Sudah ada Inpresnya Nomor  6  tahun 2012 tentang Penyediaan, Penggunaan, Pengendalian Kualitas, Pengolahan Dan Distribusi Data Satelit Penginderaan Jauh  Resolusi Tinggi. Semangat inpres ini adalah pemanfaatan data satelit penginderaan jauh  resolusi tinggi secara optimal untuk meningkatkan efisiensi penggunaan anggaran Negara dan menghindari duplikasi alokasi anggaran dalam pengadaan  data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi.

Pemapar selanjutnya adalah Prof Girot dari Swiss yang mempresentasikan teknologi 3D untuk pemetaan detil menggunakan teknologi LIDAR terrestrial. Sesi ini ditutup oleh presentasi Prof Sumbangan Baja dari Uhas dan Prof Bangun dari ITS tentang peranan perguruan tinggi dan lembaga riset dalam implementasi UU Informasi Geospasial.

Sesi siang hingga sorenya PIT MAPIN diisi dengan sesi presentasi paralel. Ada empat kelompok tema di sini yakni: perencanaan wilayah dan kota, manajemen sumberdaya alam, sumberdaya pesisir dan laut, disaster management, geo-computation and geospatial modeling dan teknik instrumentasi.

Selain diisi sesi presntasi pada hari pertama PIT MAPIN juga diadakan pameran. Pameran diisi oleh berbagai instiusi diantaranya adalah: BPPT, LAPAN, BIG, MAPIN, dan lainnya. Acara PIT MAPIN hari kedua pada Jum’at 8 Juni diisi dengan kunjungan ke Stasiun LAPAN di Parepare.

Info foto-foto kegiatan PIT MAPIN silakan cek link ini http://goo.gl/lbxfZ

Selamat buat komisariat wilayah Makassar yang telah sukses menyelenggarakan PIT MAPIN XIX.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: